Bantoo.id adalah platform crowdgiving pertama di Indonesia yang menghubungkan donatur dengan penerima bantuan. Berbeda dengan platform serupa yang mengusung konsep crowdfunding dan fokus pada penggalangan dana, Bantoo.id mengusung konsep crowdgiving yang tidak hanya menyediakan ruang untuk berbagi dalam bentuk dana, namun juga barang dan ilmu. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat agar dapat berdonasi dengan pilihan yang lebih luas.

Bantoo.id dikelola oleh Yayasan Generasi Bantu Indonesia, sebuah lembaga non-profit yang fokus pada kegiatan sosial, pemberdayaan ekonomi, kelestarian lingkungan dan hewan, serta peningkatan derajat hidup manusia di Indonesia.

Keprihatinan atas banyaknya platform crowdfunding di Indonesia yang menjual kesedihan dan poverty porn, baik melalui cerita maupun foto, menjadi latar belakang dari Handri Haryanto dan Ratna Veronica untuk mendirikan Bantoo.id pada 2020 lalu. Melalui Bantoo.id, mereka berusaha menginisiasi gerakan sosial yang tidak menjual kesedihan maupun poverty porn, namun semangat, perjuangan, inspirasi, dan juga harapan.

Berbeda dengan platform serupa lainnya, kampanye penggalangan bantuan di Bantoo.id tidak difokuskan pada sektor kesehatan seperti membantu orang sakit, namun difokuskan pada sektor-sektor yang selama ini kurang mendapat ruang seperti shelter hewan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain untuk mengisi gap yang ada, hal ini juga dimaksudkan untuk memperluas landscape kampanye penggalangan dana di Indonesia.

Supaya tidak disalahgunakan, Bantoo.id menerapkan verifikasi ketat untuk setiap kampanye penggalangan bantuan yang dilakukan di platformnya. Selain untuk menjaga kepercayaan publik, verifikasi ketat ini juga dilakukan untuk menjaga kualitas kampanye. Salah satu hal yang diverifikasi ketat oleh Bantoo.id adalah tujuan kampanye. Bantoo.id akan menolak kampanye penggalangan bantuan jika dirasa tidak memiliki high social impact.

Sejak didirikan pada tahun 2020 lalu, platform Bantoo.id kini telah mendapat 200.000 kunjungan per bulannya. Pengguna platform ini pun tersebar dari seluruh daerah di Indonesia, dengan kampanye-kampanye penggalangan bantuan yang juga beragam.

Donasi Di sini

Donasi Di sini

Powered By

Lihat Campaign dari

Bantoo

Lihat